Menelusuri Jembatan Terpanjang di Indonesia - Tekniksipil.net | Bersama Membangun Negeri

Jumat, 24 April 2020

Menelusuri Jembatan Terpanjang di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana wilayah perairan lebih banyak dibandingkan dengan wilayah daratan. Oleh karena itu, banyak daerah di negara ini yang membutuhkan fasilitas jembatan untuk memudahkan transportasi antar pulau atau daerah. Dari sekian banyak jembatan, ada beberapa jembatan terpanjang di Indonesia yang sangat masif dan mengagumkan.

5 Jembatan Terpanjang di Indonesia

Berikut ini jembatan yang tercatat sebagai jembatan paling panjang di Indonesia:
  1. Jembatan Suramadu, Jawa Timur
  2. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah, Sumatera
  3. Jembatan Merah Putih, Ambon
  4. Jembatan Ampera, Palembang
  5. Jembatan Barito, Kalimantan

1. Jembatan Suramadu, Jawa Timur

jembatan terpanjang suramadu
Sumber Dirga.net
Jembatan yang berada di Selat Madura ini mulai dibangun pada tahun 2003. Akan tetapi, adanya kendala dalam pembangunan mengakibatkan proyek ini molor hingga 6 tahun. Akhirnya, jembatan Suramadu diresmikan pada tahun 2009.

Seperti yang diketahui, proyek ini menghabiskan dana 4,5 Triliun Sejauh ini, Jembatan Suramadu masih tercatat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 5348 meter, dan lebar sekitar 3,5 meter.

Jembatan suramadu mempercepat waktu tempuh Surabaya dan Madura. Jika biasanya menyeberang menggunakan kapal, menghabiskan waktu sekitar 30 menit, dengan jembatan menyeberang hanya sekitar 10 menit.

2. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah, Sumatera

Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah
Sumber Mapio.net
Nama jembatan ini diambil dari nama permaisuri Sultan Kesultanan Siak terakhir, Sultan Sarif Kasim II, yaitu Teuku Agung Sultanah Latifah. Akan tetapi, sebagian besar orang menyebut jembatan Siak karena namanya cukup sulit dilafalkan.

Pembangunan jembatan ini lumayan lama, mulai dari tahun 2001 hingga diresmikan pada 11 Agustus 2017. Jembatan Tengku Sultanah Latifah memiliki panjang 1196 meter dan lebar 16,95 meter. Sementara ketinggiannya mencapai 23 meter di atas permukaan air.

3. Jembatan Merah Putih, Ambon

Jembatan Merah Putih ambon
Sumber Jejakpiknik.com
Jembatan yang berdiri megah ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 4 Maret 2013. Berbeda dengan jembatan lainnya, jembatan ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu jembatan pendekat di desa Poka dengan panjang 520 meter, jembatan di desa Gala sepanjang 320 meter, dan jembatan utama sepanjang 300 meter.

Secara teknis, panjang jembatan Merah Putih adalah 1140 meter. Pembangunan jembatan ini menelan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp. 779,2 miliar. Adanya jembatan ini diharapkan dapat mengurangi biaya operasional kendaraan dan mempercepat jarak tempuh Kota Ambon menuju Bandara Pattimura.

4. Jembatan Ampera, Palembang

jembatan ampera palembang
Sumber Id.wikipedia.org
Keberadaan jembatan ini tidak tergolong baru, Jembatan Ampera dibangun pada tahun 1962. Diresmikan oleh Letjen Ahmad Yani pada tahun 1965. Jembatan yang memiliki panjang 1117 meter dengan lebar 22 meter ini pernah menyandang predikat terpanjang se Asia Tenggara.

Jembatan ini juga merupakan jembatan paling canggih pada masanya. Dapat dikatakan jembatan pertama yang bagian tengahnya dapat diangkat, agar tiang kapal tidak tersangkut saat menyeberang. Bukan hanya itu, Jembatan Ampera mempengaruhi perekonomian masyarakat Seberang Ilir dan Ulu.

5. Jembatan Barito, Kalimantan

Jembatan Barito Kalimantan
Sumber Fotokita
Kalimantan merupakan pulau yang paling banyak memiliki wilayah perairan. Di daerah ini banyak ditemukan jembatan penghubung antara satu daerah dengan daerah lain. Salah satunya adalah Jembatan Barito yang menghubungkan Banjarmasin dengan Kapuas.

Jembatan ini memiliki nama asli Jembatan Rumpiang, hanya karena sungai ini berada di sungai Barito masyarakat lebih suka menjuluki Jembatan Barito. Jembatan ini diresmikan pada 24 April 1997, memiliki panjang 1082 meter dan melintasi sungai dengan lebar 800 meter.

Sejauh ini, itulah 5 jembatan terpanjang di Indonesia yang masih belum tergeser posisinya. Dengan adanya berbagai jembatan tersebut, daerah yang dipisahkan oleh perairan bisa menjadi mudah aksesnya dan bisa mempercepat laju ekonomi bangsa ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda