Keuntungan Masuk Teknik Sipil yang Harus Kamu Ketahui - Tekniksipil.net | Bersama Membangun Negeri

Minggu, 03 Mei 2020

Keuntungan Masuk Teknik Sipil yang Harus Kamu Ketahui

keuntungan masuk teknik sipil

Salah satu jurusan yang bisa dipilih setelah lulus SMA/ SMK adalah teknik sipil. Meski selalu diidentikkan dengan jurusan yang berat dan sulit, nyatanya teknik sipil memiliki peluang kerja yang cukup luas dan juga rata-rata gaji yang tinggi. Tidak hanya sebatas itu, berikut beberapa keuntungan masuk jurusan teknik sipil yang harus diketahui.

Ini Dia Keuntungan Masuk Teknik Sipil

Berikut beberapa keuntungan masuk teknik sipil yang bisa didapatkan :

1. Mempelajari Berbagai Ilmu yang Bisa Langsung Diterapkan

Keuntungan masuk teknik sipil yang pertama adalah ilmu yang dipelajari bisa langsung diterapkan di lapangan. Ilmu yang dipelajari dalam jurusan ini diantaranya adalah rekayasa pengairan, struktur baja, struktur bangunan yang mana membuat bangunan tersebut bisa berdiri tegak, belajar tentang konstruksi, dan lain sebagainya.

Ilmu-ilmu yang sudah disebutkan tersebut, bisa dengan mudah langsung diterapkan dalam kehidupan nyata. Ilmu tersebut langsung bisa diterapkan ketika seorang lulusan teknik sipil ini terjun ke lapangan (dunia kerja).

2. Menggunakan Ilmu Pasti

Apa yang disebut ilmu pasti? Ilmu pasti merupakan ilmu yang dipelajari sudah pasti mengacu pada suatu teori tersebut, biasanya menggunakan rumus-rumus. Nah, di teknik sipil ini banyak sekali diterapkan ilmu pasti.

Mahasiswa teknik sipil akan banyak menjumpai ilmu hitung-hitungan pada saat membuat suatu rancangan bangunan. Mulai dari menghitung luas tanah yang akan digunakan untuk membangun suatu bangunan, jembatan, dan lain-lain.

Teknik sipil juga banyak bermain angka dengan berbagai operasi matematika dan rumus fisika untuk menghitung tinggi, lebar, dan luas sebuah bangunan.

3. Mampu Menciptakan Karya yang Berguna dan Bermanfaat

Untuk Masyarakat Salah satu keuntungan besar yang bisa dirasakan dari teknik sipil yaitu tentang kebermanfaatan ilmu bagi masyarakat luas. Salah satu contohnya, bisa menghasilkan karya berupa bangunan jembatan.

Jembatan yang biasa ada di jalan umum, sangat berguna bukan? Dan akan sangat merasa puas apabila jembatan tersebut terdapat campur tangan diri sendiri. Dalam membangun jembatan, sangat membutuhkan ilmu teknik sipil. Mulai dari merancang desain hingga menghitung ketahanan jembatan tersebut. Menarik bukan?

4. Mengasah Kreatifitas

Selain ilmu eksak seperti hitung-hitungan, di prodi teknik sipil juga terdapat ilmu yang mengasah dan meningkatkan kemampuan seorang mahasiswa. Dimana setiap mahasiswa akan dituntut untuk membuat desain sebuah proyek bangunan, entah jembatan, bandar udara, hingga gedung- gedung kantoran pencakar langit.

Membuat rancangan tersebut berawal dari membuat rancangan bangunan (mendesain) hingga menghitung-hitung tinggi, lebar, dan lain sebagainya. Nah, dalam merancang atau mendesain bangunan inilah kemampuan kreatifitas seni menggambar mahasiswa diasah, diuji, yang lama- lama membuat kemampuan menggambar tersebut meningkat.

5. Prospek Kerja yang Menjanjikan

Pekerjaan menjadi momok utama bagi setiap lulusan sarjana. Bagi mahasiswa yang lulus dari prodi teknik sipil ini, peluang terselamatkan sangat besar. Lulusan teknik sipil sangat banyak dibutuhkan dan bahkan akan terus dibutuhkan.

Selain itu, rata-rata gaji yang ditawarkan juga tergolong tinggi. Hal tersebut terjadi karena ilmu-ilmu yang dipelajari di prodi ini sangat mudah diterapkan, mulai dari membuat rumah, jembatan, bandar udara, hingga bangunan-bangunan sentral lainnya.

Dalam membangun tersebut membutuhkan keahlian arsitek, dimana arsitek ini merupakan tembusan dari prodi teknik sipil. Setelah membaca berbagai keuntungan masuk teknik sipil di atas, tentu sudah tidak bingung dan ragu lagi untuk memantapkan diri memilih prodi teknik sipil ini bukan? Apalagi prospek kerjanya sangat banyak dan luas, sehingga tidak perlu risau.

Keunggulan lainnya, teknik sipil juga tidak hanya bisa dipelajari di universitas dalam negeri saja, akan tetapi bisa dipelajari hingga ke mancanegara.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda