Miliki Software Teknik Sipil Ini buat Kamu yang Baru Mulai Jadi Mahasiswa - Tekniksipil.net | Bersama Membangun Negeri

Kamis, 27 Agustus 2020

Miliki Software Teknik Sipil Ini buat Kamu yang Baru Mulai Jadi Mahasiswa

software teknik sipil

Bagi mahasiswa teknik sipil, software adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari dunia perkuliahan. Penguasaan terhadap berbagai macam software, juga merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa teknik sipil untuk terjun ke dunia kerja.

Oleh karena itu, penguasaan terhadap software teknik sipil sebaiknya dilakukan sejak awal masa perkuliahan, agar nanti ketika lulus dari perkuliahan mahasiswa memiliki bekal yang cukup, sehingga dapat bersaing ketika memasuki dunia kerja.

5 Software Teknik Sipil yang Penting Bagi Mahasiswa Baru

Berikut ini adalah informasi tentang software teknik sipil yang penting untuk diketahui dan dikuasai untuk mahasiswa baru.

AutoCAD

Selanjutnya, adalah software AutoCAD. AutoCAD ini merupakan software utama yang harus dikuasai oleh mahasiswa teknik, terutama mahasiswa teknik sipil. Software ini memiliki peranan penting dalam menggambar 2D dan juga 3D. Software ini penting untuk dikuasai oleh setiap mahasiswa teknik sipil karena hampir semua pekerjaan di bidang konstruksi mensyaratkan penguasaan terhadap aplikasi AutoCAD ini.


SAP 2000

Software untuk mahasiswa teknik sipil yang pertama adalah SAP 2000. Software ini wajib diketahui dan dikuasai terutama bagi yang mempunyai minat lebih terhadap bangunan seperti gedung-gedung, bangunan tinggi atau jembatan. Software ini akan membantu menganalisis kelayakan hasil desain yang telah dibuat.

Yang mana kelayakan itulah yang menentukan bagaimana seorang teknik sipil mampu membangun sebuah bangunan yang layak. Software ini memiliki beberapa kelebihan, utamanya dalam perancangan struktur baja dan beton.

HEC-RAS

Software selanjutnya yang penting untuk diketahui dan dipelajari adalah HEC-RAS. Software ini merupakan software yang berperan penting untuk analisis bangunan air seperti bendungan, waduk, dan lain-lain. Dengan kata lain, HEC-RAS ini merupakan program aplikasi untuk memodelkan aliran satu dimensi di sungai atau saluran.

Software ini dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) yang masih merupakan satu divisi di dalam Institute for Water Resources (IWR), di bawah US Army Corps of Engineers (USACE). HEC-RAS ini memiliki empat komponen hitungan hidarulika satu dimensi, yaitu hitungan profil muka air aliran permanen, simulasi aliran tidak permanen, hitungan transpor sedimen, dan analisis kualitas air. 

AutoCAD Civil 3D

Software untuk teknik sipil yang selanjutnya adalah AutoCAD Civil 3D. Software ini merupakan software pengembangan dari software AutoCAD. Kedua software ini sama-sama produk dari AutoDesk, yang merupakan perusahaan multinasional yang berlokasi di California.

Perbedaan antara AutoCAD dan AutoCAD civil 3D ini adalah pada AutoCAD Civil 3D mampu memberikan performa yang lebih baik bagi desain 3D yang diperuntukkan bagi proyek pembuatan jalan dan bangunan air.

Global Mapper Software

yang terakhir yaitu Global Mapper. Global Mapper merupakan software sistem informasi geografis (GIS) yang pada saat ini tengah dikembangkan oleh Blue Marble Geographics yang dijalankan di Microsoft Windows.

Sama seperti namanya, Global Mapper ini akan membantu dalam melakukan pemetaan yang sangat penting dilakukan bagi setiap orang yang bekerja di teknik sipil. Untuk beberapa fungsi, Global Mapper ini sangat membantu dalam menentukan luasan daerah aliran sungai hingga perkiraan debit sungai yang terdapat di suatu wilayah.

Nah, itu adalah beberapa software teknik sipil yang sebaiknya diketahui sejak masa awal perkuliahan. Sebagai mahasiswa baru teknik sipil sudah sewajarnya jika mulai mempelajari semua software yang telah disebutkan sebelumnya. Karena software tersebut sangat penting baik ketika masa perkuliahan terlebih ketika memasuki dunia kerja.

Gambar Utama : Youtube

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda